Yuan dan Dolar AS

Yuan Kalahkan Dollar AS dan Catat Kinerja Terbaik Sejak Desember 2019

Forexsignal88.Com – Yuan mencatat hari terbaiknya terhadap dolar AS sejak Desember pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), karena investor memburu aset berisiko didorong meningkatnya ekspektasi rebound kuat pertumbuhan ekonomi China dan data positif AS mendorong turunnya permintaan mata uang aman dolar. 

Indeks-indeks saham unggulan (blue-chips) China melonjak ke level tertinggi dalam lima tahun karena para pedagang bertaruh pada kebangkitan ekonomi China, mendorong yuan di pasar luar negeri ke level tertinggi sejak 17 Maret, kinerja harian terbaik sejak 12 Desember. 

Yuan terakhir pada 7,015 yuan per dolar AS. “Jelas kami memiliki peningkatan selera risiko global. Dan saya akan menyematkan tanggung jawab atas itu pada regulator China yang tampaknya telah mendorong tim nasional di pasar, dan benar-benar membantu mendorong lonjakan besar dalam indeks ekuitas,” kata Karl Schamotta, kepala strategi pasar di Cambridge Global Payments. 

“Apa yang memberi sinyal kepada pasar adalah bahwa, meskipun kami tidak melihat upaya stimulus gaya 2009 di China, setidaknya tidak dari perspektif kebijakan moneter — kami melihat tanda-tanda upaya penyelamatan bersama.” 

Tanda-tanda pemulihan ekonomi dalam data AS juga melemahkan permintaan untuk safe-haven dolar. Terhadap sekeranjang enam mata uang saingannya, dolar terakhir turun 0,43 persen pada 96,76, setelah sebelumnya mencapai titik terendah sejak 24 Juni.