XAU/USD Mencari Kepastian dari Amerika Serikat

Forexsignal88.Com – XAU/USD bergerak melemah pada pekan kemarin. Harga emas spot yang sempat mencapai level harga tertinggi pada $1933 harus menyerah dan mencapai harga terendah mingguan pada angka $1882. Pada penutupan pasar hari Jumat (17/10) lalu XAU/USD masih berada di kisaran 1.900 dan sekarang emas memasuki minggu yang penuh tantangan.

Selama empat minggu terakhir, logam mulia secara konsisten berjuang untuk pemulihan dalam batas-batas saluran paralel naik. Sisi atas dibatasi di bawah 1.900 pada bulan Oktober, sementara dukungan saluran menyediakan penjangkaran yang sangat dibutuhkan. Harga emas tampaknya tertahan di kisaran September karena anggota parlemen AS berjuang untuk melewati putaran lain dari stimulus fiskal, dan kebuntuan di Kongres dapat terus menyeret minat risiko karena meningkatkan risiko pemulihan yang berlarut-larut.

Kepercayaan investor dapat terus mereda karena Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) tampaknya berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan pendekatan tunggu dan lihat pada keputusan suku bunga berikutnya pada 5 November, dan sepertinya Ketua Jerome Powell and Co. akan mengandalkan alatnya saat ini untuk mendukung ekonomi AS karena sebagian besar pejabat Fed menilai bahwa “batas dan target hasil kemungkinan hanya akan memberikan manfaat yang sederhana di lingkungan saat ini.”

XAU/USD telah mengalami gerakan sideway dan melakukan konsolidasi selama beberapa minggu sekarang, mengambang di sekitar $ 1.900 karena sejumlah peristiwa risiko utama menumpuk. Dengan begitu banyak hal yang akan muncul dalam beberapa minggu ke depan, ada potensi bahwa akan memberi gerakan yang pasti kepada emas.

Emas telah menyelaraskan dirinya dengan aset berisiko tahun ini sehingga sejumlah hal dapat menjadi katalisator untuk ledakan yang lebih tinggi, baik itu vaksin Covid, kesepakatan stimulus AS, bahkan mungkin pemilihan yang mulus tanpa persaingan. Meskipun demikian, risiko kerugian tetap besar, itulah sebabnya kami semakin sering melihat pagar ini berdiri. Tidak ada pengumuman stimulus atau vaksin – atau kemunduran lebih lanjut dalam uji coba – dan pemilihan yang diperebutkan dalam beberapa minggu mendatang pada saat kasus Covid meningkat dengan cepat bisa sangat negatif untuk selera risiko dan memukul emas dengan keras.

Analisa Teknikal XAU/USD