WOW! Tensi Perang Dagang Dapat Merusak Visi Jangka Panjang Negara China. Apa Itu?!

ForexSignal88.com l Jakarta, 13/08/2019 – Ambisi Presiden China Xi Jinping membawa Tiongkok menjadi negara dengan perekonomian paling maju di dunia pada tahun 2050 semakin berat. Visi besar Xi tersebut terganjal perang dagang yang dikobarkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Blommberg mencatat visi besar Xi tersebut tampaknya lebih aspiratif dari hari ke hari ketika tekanan dari Trump telah membuat laju ekonomi China senilai US$ 14 triliun makin berat. Hal itu termasuk rekor tingkat utang, polusi yang merajalela, dan populasi penduduk China yang menua.

Risikonya adalah bahwa China akan terjebak dalam jebakan negara pendapatan menengah. Para ekonom mengatakan pemerintah Xi dapat menghindari nasib itu dengan meningkatkan konsumsi domestik, meliberalisasi pasar dan meningkatkan kemajuan teknologi negara itu.

Tapi itu tidak mudah. Hanya lima negara berkembang yang telah melakukan transisi ke status negara maju sambil mempertahankan tingkat pertumbuhan yang tinggi sejak 1960, menurut peraih Nobel Michael Spence, seorang profesor di Stern School of Business Universitas New York.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *