WAJIB BACA! Relevansi Perlambatan Ekonomi Terhadap Harga Emas dan Beberapa Mata Uang

ForexSignal88.com l Jakarta, 28/08/2019 – Harga emas mencuri perhatian pelaku pasar akibat kenaikan yang signifikan di tahun ini. Emas dunia di pasar spot mencapai level US$ 1.554/troy ons Senin kemarin, menjadi level tertinggi sejak April 2013.

Sementara emas Antam mengekor harga emas dunia, bahkan terus mencetak rekor tertinggi.  Harga emas melesat naik akibat pasar finansial yang dipenuhi ketidakpastian, ekonomi dunia yang melambat, bahkan kemungkinan terjadi resesi. 
Penyebab utama adalah perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China yang memanas di bulan ini.  Sebagaimana diketahui sebelumnya, pada 1 Agustus lalu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara tiba-tiba mengumumkan akan mengenakan tarif impor sebesar 10% terhadap produk China. 
Nilai total produk yang dikenakan tarif senilai US$ 300 miliar dan akan diberlakukan mulai 1 September. Sejak saat itu pemerintah China “membisu” dan membalas AS dengan mendevaluasi nilai tukar yuan hingga ke level terendah lebih dari satu dekade melawan dolar AS. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *