Waduh! Situasi di Selat Taiwan Kembali Memanas. China Siap BERPERANG!

“Taiwan tidak berkompromi pada kebebasan, demokrasi dan kedaulatannya,” ujar Presiden Tsai Ing-wen kepada wartawan di Taipei, ketika diminta untuk mengomentari peristiwa kapal perang AS melalui selat.

“Tanggung jawab untuk stabilitas lintas selat dan regional ada di tangan setiap pihak. Tiongkok memiliki tanggung jawab, dan kami juga akan mengambil tanggung jawab kami, ”kata Tsai. China telah meningkatkan tekanan untuk menegaskan kedaulatannya atas Taiwan, yang dianggap sebagai provinsi patuh dari “satu Cina” dan wilayah suci China.

Pada hari Rabu, juru bicara kementerian pertahanan Cina Wu Qian mengatakan pada sebuah taklimat tentang kertas putih pertahanan, yang pertama seperti itu dalam beberapa tahun untuk menguraikan keprihatinan strategis militer, bahwa China akan melakukan upaya terbesarnya untuk penyatuan kembali damai dengan Taiwan.

“Jika ada orang yang berani mencoba memisahkan Taiwan dari negara itu, militer China akan siap berperang untuk menjaga kedaulatan nasional, persatuan dan integritas teritorial,” katanya. China telah berulang kali mengirim pesawat dan kapal militer untuk mengelilingi Taiwan dengan latihan dalam beberapa tahun terakhir dan bekerja untuk mengisolasinya secara internasional, mengurangi beberapa sekutu diplomatik yang tersisa.

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *