Waduh! Situasi di Selat Taiwan Kembali Memanas. China Siap BERPERANG!

Kapal perang yang dikirim ke Selat Taiwan selebar 112 mil (180 km) diidentifikasi sebagai Antietam. “Transit (kapal) melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen AS untuk Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Komandan Clay Doss, juru bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.  

“Angkatan Laut AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional,” tambahnya. Pelayaran berisiko lebih lanjut meningkatkan ketegangan dengan China tetapi kemungkinan akan dilihat oleh Taiwan yang memerintah sendiri sebagai tanda dukungan dari pemerintahan Presiden AS Donald Trump di tengah meningkatnya pertikaian antara Taipei dan Beijing.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan tetapi terikat oleh hukum untuk membantu menyediakan peralatan militer untuk mempertahankan diri dari ancaman China. Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan kapal A.S. telah berlayar ke utara melalui Selat Taiwan dalam pelayaran kebebasan navigasi dan Taiwan telah memantau misi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *