Waduh! Intervensi FED Mulai Menjadi ‘SANDARAN’ Pasar Keuangan AS?

Forexsignal88.Com – Upaya berkelanjutan Federal Reserve untuk menopang pasar pinjaman “repo” jangka pendek telah mulai menggetarkan sejumlah pakar pasar. Federal Reserve New York telah menghabiskan ratusan miliar dolar untuk menjaga kredit mengalir melalui pasar uang jangka pendek sejak pertengahan September ketika kekurangan likuiditas menyebabkan lonjakan suku bunga pinjaman semalam.

Tetapi karena intervensi Fed telah memasuki bulan ketiga, kekhawatiran tentang ketergantungan pasar pada dosis likuiditas hariannya telah tumbuh. “Jawaban gambaran besarnya adalah bahwa pasar repo rusak,” kata James Bianco, pendiri Bianco Research di Chicago, dalam sebuah wawancara dengan MarketWatch. “Mereka pada dasarnya mengobati pasar agar tunduk,” katanya. “Tapi ini bukan solusi jangka panjang.”

Grafik ini menunjukkan lebih dari US$320 miliar total dukungan pasar repo dari The Fed sejak 17 September, ketika bank sentral mulai memompa likuiditas harian setelah suku bunga kredit semalam melonjak hingga hampir 10% dari hampir 2%. Pada awalnya, bank sentral menggelar sekitar $ 75 miliar dalam fasilitas pinjaman harian untuk mempersenjatai kumpulan inti Wall Street dengan dealer murah dengan pinjaman semalam murah untuk menjaga pasar repo perbendaharaan harian AS sekitar US$1 triliun tetap berjalan.

Fasilitas ini memungkinkan bank untuk mengambil pinjaman dengan menjaminkan safe-haven AS Treasury atau sekuritas yang didukung hipotek agen dengan The Fed New York. Tetapi yang terpenting adalah tanpa penetapan harga berbasis risiko yang biasanya dikenakan oleh pemberi pinjaman ketika saling mendanai. Tujuannya adalah untuk menjaga bank tetap rata karena mereka berurusan dengan masalah pendanaan akhir bulan, pembayaran pajak perusahaan, dan banjir utang Treasury yang dijual oleh pemerintah federal untuk mendanai defisitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *