USD Turun Ketika Fokus Beralih Kepada Yellen dan Pelantikan Presiden

Forexsignal88.Com – Berita yang muncul dari Amerika Serikat membuat Dolar AS mundur dari level tertinggi hampir satu bulan kemarin terhadap sekeranjang mata uang, menjelang konfirmasi Yellen di Senat sebagai Menteri Keuangan AS.

Yellen diharapkan membahas kebijakan mata uang, dengan Menteri Keuangan yang baru mungkin menyatakan bahwa AS tidak akan secara aktif mencoba untuk mendevaluasi USD, memungkinkannya untuk ditentukan oleh pasar, sementara dia juga dapat mengatasi masalah stimulus fiskal, mungkin menjadi besar di atasnya.

Selain itu, perlu dicatat bahwa persiapan pelantikan Biden besok sedang berlangsung, padahal ini adalah hari terakhir Presiden Trump di Gedung Putih. Tindakan pengamanan di ibu kota tinggi namun kemungkinan kerusuhan seperti minggu lalu tampaknya telah mereda tetapi tidak dapat dikesampingkan.

Secara keseluruhan dan mengingat kurangnya rilis keuangan berdampak tinggi dari AS, kami memperkirakan fundamental akan tetap memimpin dalam memengaruhi pasar dan jika risiko sentimen semakin meningkat, kita mungkin melihat greenback menderita arus keluar safe haven.

Menurut Reuters, calon Presiden terpilih Joe Biden untuk Menteri Keuangan, Janet Yellen, akan memberi tahu Komite Keuangan Senat bahwa pemerintah AS harus mengambil tindakan tegas dengan paket bantuan virus korona berikutnya, dengan mengacu pada paket stimulus Biden senilai $ 1,9 triliun.

Paket Biden mencakup sekitar $ 1 triliun dalam bentuk transfer langsung ke rumah tangga, sekitar $ 440 miliar untuk membantu usaha kecil dan $ 415 miliar untuk mendukung kampanye vaksinasi saat ini. Amerika Serikat saat ini sedang berjuang untuk menahan penyebaran virus, yang sejauh ini telah menginfeksi 24.626.441 orang dan menewaskan 408.623 di antaranya.