USD/JPY Terpeleset Lebih Dalam Lagi

Forexsignal88.Com – Sebagian besar transaksi minggu lalu positif untuk USD/JPY, yang bergerak menuju resistensi 106.10, level tertinggi dalam tiga minggu. Pada saat itu, kami mengindikasikan bahwa pasangan mata uang tersebut mungkin terkena operasi penjualan karena investor masih lebih memilih mata uang Jepang sebagai safe haven yang lebih kuat dengan mengorbankan dolar.

USD memang masih mengikuti gerakan pada pekan lalu dimana masih melemah dengan merata terhadap semua mata uang utama termasuk Yen. Stimulus fiskal kembali lagi di AS karena Gedung Putih sekarang mendukung program stimulus yang luas, tetapi tidak sebesar paket $ 2,2 triliun dari Demokrat. Pasangan mata uang menutup perdagangan minggu lalu turun ke level support di 105.60.

Penghasilan dan pengeluaran tenaga kerja Jepang untuk Agustus meningkat secara berurutan dengan kuartal sebelumnya tetapi tidak sekuat yang diharapkan. Dividen tunai turun 1,3% tahun ke tahun setelah turun 1,5% di bulan Juli. Bagian terbesar dari 100.000 pembayaran darurat tampaknya telah didistribusikan.

Belanja rumah tangga turun 6,9% dari tahun lalu, lebih baik dari kontraksi 7,6% pada Juli, tetapi ekonom memperkirakan penurunan 6,7%. Data tersebut bertepatan dengan pemulihan moderat di Jepang, dan laporan Bank of Japan menunjukkan peningkatan di delapan dari sembilan wilayah negara.

USD/JPY telah bearish sejak minggu terakhir bulan Maret, ketika pembalikan dari jatuhnya virus korona berakhir. Level tertingginya bergerak semakin rendah sejak saat itu, karena sentimen tetap sedikit negatif, karena ketidakpastian yang meningkat. Bank of Japan telah menetapkan suku bunga di -0,10%, jadi tidak banyak yang bisa mereka potong di sana. Tetapi pelemahannya belum terhenti, apalagi setelah data negatif dari Jepang pagi ini.

Berikut ringkasan komentar Gubernur BOJ Kuroda kemarin hari:

  • Kami belum kehabisan alat kebijakan
  • Kami tidak akan ragu untuk mengurangi lebih jauh jika perlu
  • BOJ berpikiran terbuka dan fleksibel
  • Kami sedang memantau dampak virus corona dengan cermat
  • BOJ difokuskan pada pembiayaan perusahaan, stabilitas pasar

Analisa Teknikal USD/JPY Hari Ini