Yen - USDJPY

USD/JPY Naik Namun Masih Dalam Koridor Koreksi

Indeks dolar AS naik 0,8%, di atas level 93 pada hari Senin – level tertinggi sejak 14 Maret – memberikan kekuatan pada pasangan USD/JPY. Dengan tidak adanya pedagang Jepang di pasar, pasangan USD/JPY hanya mengikuti pergerakan kuat dolar AS di seluruh pasar.

Selain itu, fokus pasar bergeser ke langkah-langkah stimulus AS dan pengembangan vaksin, karena jumlah kasus virus korona telah meningkat di Eropa, meningkatkan kekhawatiran bahwa jumlah kematian akibat virus korona baru dapat meningkat ke tingkat yang mengkhawatirkan.

Tindakan stimulus AS telah ditunda oleh Kongres AS, karena Partai Republik dan Demokrat belum mencapai konsensus tentang ukuran RUU tersebut. Namun, harapan telah meningkat bahwa Kongres akan segera mengumumkan paket stimulus kelima, karena banyak pejabat telah mendorongnya.

Menurut Ketua Fed Jerome Powell, pemulihan sudah lambat, dan untuk mempertahankannya, paket stimulus baru sangat penting. Dia juga mengatakan bahwa hampir 11 juta orang masih menganggur, karena pandemi, dan Kongres harus mengambil langkah yang diperlukan untuk menyediakan sarana bagi mereka dan ekonomi AS, untuk membantu mereka mengatasi efek pandemi ini.

Pada hari Senin, tidak ada data ekonomi makro yang dirilis di Amerika Serikat; namun, di sesi akhir, Ketua Fed Jerome Powell dan anggota resmi lainnya akan berbicara dan memberikan petunjuk lebih lanjut tentang stimulus AS dan ekonomi secara keseluruhan. Investor bertaruh pada harapan baru dari langkah-langkah stimulus AS, dan pasangan USD/JPY memperoleh keuntungan dari ini.

Analisa Teknikal USD/JPY Hari Ini