Yen - USDJPY

USD/JPY Naik Namun Masih Dalam Koridor Koreksi

Forexsignal88.Com – Pada hari Senin, pasangan USD/JPY jatuh ke level terendah sejak 8 Maret, turun di bawah 104.00 di paruh pertama sesi perdagangan, tetapi berbalik arah di paruh kedua hari itu. Pasangan USD/JPY naik pada hari Senin, setelah membukukan penurunan selama lima hari berturut-turut, di belakang kembalinya dolar AS yang berbasis luas.

USD/JPY memang naik pada kemarin malam Waktu Indonesian Barat. Pair ini sempat mencapai level tertinggi pada harga 104.84. Namun demikian jangan terlalu cepat memutuskan bahwa USD/JPY sudah bullish.

Koridor yang ada saat ini masih merupakan koridor bearish. Kenaikan USD/JPY kali ini bisa dikatakan sebagai koreksi sesaat saja, paling tidak itu yang terlihat pada saat artikel ini ditulis.

Dolar AS mendapatkan kembali status safe-haven pada hari Senin, dan meningkatnya ketidakpastian di pasar mengenai pandemi virus korona, pemulihan ekonomi dan langkah-langkah stimulus AS, mendorong greenback, pada akhirnya mendorong pasangan USD/JPY ke sisi yang lebih tinggi.

Kekhawatiran akan langkah-langkah penguncian yang diperbarui di Eropa, karena peningkatan harian yang terus menerus dalam jumlah kasus virus korona, meningkatkan kekhawatiran pertumbuhan global dan membebani sentimen pasar yang berisiko. Sentimen risk-off meningkat, dan dolar AS naik, karena status safe-haven, memberikan kekuatan pada pasangan USD/JPY.

Menurut badan kesehatan AS, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperingatkan bahwa COVID-19 dapat menyebar melalui partikel di udara, dan ventilasi yang buruk meningkatkan kemungkinan penyebaran virus. Ini juga meningkatkan daya tarik safe-haven, mendorong harga dolar AS naik dan meningkatkan pasangan USD/JPY.