Yen Usdjpy

USD/JPY: Bullish Momentum Terlepas Dari The Fed

Forexsignal88.Com – Harga USD/JPY rebound karena Indeks Dolar naik sedikit setelah aksi jual hari Jumat. Namun, harga terus bergerak menyamping dalam jangka pendek, jadi kita harus menunggu peluang perdagangan baru.

USD/JPY mencoba untuk menetap di atas resistensi psikologis 110,00 sepanjang perdagangan minggu lalu menjelang Simposium Jackson Hole. Meskipun ada indikasi kuat dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell bahwa pengurangan pembelian bank sudah dekat, yang membuka jalan untuk menaikkan suku bunga, pasangan mata uang jatuh ke level support 109,77 setelah mencapai level resistance 110,26 di sesi perdagangan yang sama. Perdagangan minggu ini juga mulai stabil di sekitar level 109,85. Pasangan dolar akan menunggu pengumuman angka pekerjaan AS.

Yen Jepang bisa memimpin lagi jika Nikkei dan Indeks Dolar turun lebih dalam. Penjualan Ritel Jepang melaporkan pertumbuhan 2,4% pada bulan Juli dibandingkan dengan perkiraan 2,1% dan setelah hanya pertumbuhan 0,1% yang tercatat pada bulan Juni. Penjualan Rumah Tertunda AS mencatat penurunan 1,8% pada bulan Juli. Ini bisa berdampak buruk bagi Dolar AS, USD/JPY bisa turun lagi setelah rebound saat ini.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang mengatakan bahwa perdagangan ritel naik 1,1% di bulan Juni (bulan ke bulan), di atas ekspektasi -1,7 persen dan di bawah 3,1% bulan sebelumnya. Secara tahunan, perdagangan ritel meningkat 2,4%, lebih tinggi dari ekspektasi 2,1% dan 0,1% bulan sebelumnya.

Penjualan ritel besar meningkat 1,3%, lebih tinggi dari ekspektasi 1,2% dan setelah turun 2,3% di bulan sebelumnya.

Pemerintah saat ini berupaya menghentikan penyebaran virus jenis delta virus COVID-19 yang diyakini lebih mudah menular dibandingkan varian lainnya. Sejak awal pandemi, 1.434.370 kasus COVID-19 telah dilaporkan di Jepang, serta 15.896 kematian terkait.

Pemerintah baru-baru ini memutuskan untuk memperpanjang keadaan darurat ke delapan prefektur lagi karena penyebaran varian delta yang relatif cepat dan peningkatan jumlah kasus kritis, yang saat ini membebani sistem kesehatan negara itu.

Kampanye vaksinasi juga maju, meskipun pemerintah menghadapi tantangan besar dalam hal ini. Setidaknya dua orang telah meninggal karena mereka diberikan dosis dari batch vaksin Moderna yang diyakini terkontaminasi. Hal ini membuat pemerintah menunda penggunaan 1,63 juta dosis vaksin Moderna sebagai tindakan pencegahan.

Sejauh ini, 127 juta dosis telah diberikan di antara penduduk lokal dengan 56,7 juta orang sekarang telah divaksinasi lengkap, terhitung 44,9% dari total populasi.

Analisa Teknikal USD/JPY