USD: Inflasi Semakin Turun, Bagaimana Nasib Dolar AS?

Forexsignal88.Com – Index Dolar As (DXY) kembali terjembab ke level terendah pada angka 102.33 dan sekali lagi mengukuhkan kembali tren penurunan yang berlangsung.

Inflasi terus mereda di bulan Desember. IHK utama turun 0,1% di bulan tersebut, dan Desember menandai kenaikan ketiga berturut-turut dalam indeks inti sebesar 0,3% atau kurang. Penurunan besar dalam harga bensin membantu mengendalikan inflasi utama, tetapi tanda-tanda inflasi yang lebih lambat melampaui harga di pompa.

Harga toko kelontong tumbuh pada laju paling lambat sejak Maret 2021, dan harga barang inti turun selama tiga bulan berturut-turut, dipimpin lebih rendah oleh penurunan harga mobil bekas lainnya. Jasa tetap menjadi kategori inflasi terpanas. Harga layanan inti naik 0,5% pada bulan Desember, dipimpin lebih tinggi oleh kenaikan biaya shelter yang cukup besar sebesar 0,8%.

Harga energi turun sebesar 4,5% m/m, seluruhnya karena penurunan tajam harga bensin (-9,4%% m/m). Layanan energi (+1,5% m/m) lebih tinggi pada bulan tersebut.

Harga makanan (+0,3% m/m) terus melambat – melambat setiap lima bulan terakhir – tetapi masih naik 10,4% selama dua belas bulan terakhir.
Inflasi inti (tidak termasuk makanan & energi) naik 0,3% m/m – akselerasi moderat dari bulan sebelumnya. Sehubungan dengan Desember lalu, inti naik 5,7% (turun dari 6,0% bulan sebelumnya).

Pertumbuhan harga di seluruh layanan (+0,5% m/m) dipercepat pada bulan Desember. Hal ini didorong oleh percepatan biaya shelter (+0,8% m/m), dengan sewa dan sewa setara pemilik naik 0,8% m/m. Penginapan yang jauh dari rumah (+1,5% m/m) juga lebih tinggi.

Kategori jasa lainnya termasuk layanan rekreasi (+0,3% m/m), pendidikan & komunikasi (+0,3% m/m) dan transportasi (0,2% m/m) juga naik pada bulan tersebut.
Harga barang inti (-0,3% m/m) turun selama tiga bulan berturut-turut. Penurunan kembali terkonsentrasi pada harga kendaraan bekas (-2,5% m/m), tetapi harga kendaraan baru (-0,1% m/m) juga turun.

Kemajuan telah terjadi namun perang belum dimenangkan dimana gambaran inflasi jauh lebih baik dari pertengahan tahun lalu. Inflasi utama telah turun sebesar 2,6 poin persentase sejak Juni, dan laju lari tahunan selama tiga bulan terakhir hanya 1,8%, menunjukkan pelambatan lebih lanjut masih akan terjadi pada perubahan tahun lalu.

Masih ada ruang untuk inflasi utama dan inti untuk dengan cepat menutupi landasan tambahan dalam perjalanannya kembali ke 2% selama beberapa bulan mendatang. Beberapa penurunan harga barang tampaknya tak terhindarkan setelah kenaikan stratosfer dalam dua tahun terakhir, dan saat itu tampaknya telah tiba.

Implikasi Kunci