Dolar AS USD

USD: Inflasi Melambat, USD Langsung Terjun Bebas

Forexsignal88.Com – Inflasi harga konsumen meningkat sebesar 0,4% bulan ke bulan (m/m) di bulan Oktober, menyamai kenaikan di bulan September. Pada basis tahun-ke-tahun (y/y), inflasi headline turun tipis 0,5 poin persentase (pp) dari September, melambat menjadi 7,7%.

Harga energi meningkat sebesar 1,8% m/m, karena harga bensin lebih tinggi sebesar 4,0% m/m, sementara jasa energi turun sebesar 1,2% m/m. Harga makanan naik 0,6% m/m (mengikuti kenaikan 0,8% m/m di bulan September), dan naik 10,9% y/y.

Inflasi inti (tidak termasuk makanan & energi) naik 0,3% m/m – penurunan yang berarti dari 0,6% m/m di bulan September. Dibandingkan dengan Oktober lalu, inflasi inti berada di 6,3% – turun 0,3 poin dari pembacaan bulan lalu sebesar 6,6% y/y.

Segera setelah hasil CPI Oktober melewati batas, dolar AS, yang diukur dengan indeks DXY, berbelok tajam ke sisi bawah, jatuh lebih dari 1,4% di belakang kemunduran tajam dalam imbal hasil Treasury AS. Melemahnya tekanan inflasi dapat menyebabkan The Fed mengambil sikap yang kurang hawkish dan memperlambat laju kenaikan suku bunga segera setelah pertemuan berikutnya untuk menghindari pengetatan berlebihan pada saat risiko resesi tetap tinggi. Ini berarti kita bisa melihat kenaikan 50 bp di bulan Desember daripada penyesuaian 75 bp.

Inflasi AS tetap tinggi bulan lalu tetapi menunjukkan tanda-tanda tentatif moderasi, menurut sebuah laporan yang dirilis pagi ini oleh Biro Statistik Tenaga Kerja, sebuah tanda bahwa Federal Reserve membuat beberapa kemajuan dalam perjuangan untuk memulihkan stabilitas harga setelah meluncurkan pengetatan yang paling agresif, kampanye sejak tahun 1980-an.

Pertumbuhan harga di seluruh layanan inti (0,5 m/m) berkurang dari kenaikan bulan lalu sebesar 0,8% m/m. Biaya tempat tinggal (0,8% m/m) sekali lagi merupakan kontributor yang berarti – terhitung sedikit lebih dari dua perlima dari keuntungan keseluruhan bulan Oktober – dengan sewa tempat tinggal utama (0,8% m/m) dan sewa setara pemilik (0,8% m/m ) masing-masing menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Harga yang dibayarkan untuk penginapan jauh dari rumah (4,9% m/m) juga lebih tinggi, setelah mencatat penurunan yang cukup besar (-1,0% m/m) pada bulan sebelumnya.

Kategori layanan lainnya termasuk transportasi (0,8% m/m), rekreasi (0,68% m/m) dan layanan pendidikan & komunikasi (0,1% m/m) juga naik pada bulan tersebut, sementara pertumbuhan harga di seluruh layanan medis (-0,6% m/m) /m/) lebih rendah.
Harga barang inti turun 0,4% m/m setelah mencatat pembacaan datar bulan sebelumnya. Penurunan terlihat pada harga kendaraan bekas (-2,4% m/m) dan pakaian jadi (-0,7% m/m). Barang rekreasi (0,7% m/m) dan harga kendaraan baru (0,4% m/m) lebih tinggi, sedangkan barang perawatan medis datar.

Sudah lama sejak CPI mengejutkan sisi negatifnya! Cetakan pagi ini melawan tren, dengan pembacaan inflasi utama dari tahun ke tahun berkurang ke kecepatan yang tidak terlihat sejak awal tahun. Kemunduran harga barang-barang inti mungkin merupakan perkembangan yang paling menggembirakan, karena tampaknya melemahnya permintaan konsumen akhirnya bermanifestasi dalam (beberapa) tekanan disinflasi.

Meskipun ukuran biaya sewa berbasis pasar telah menurun selama beberapa bulan terakhir, komponen hunian CPI terus mencatat keuntungan yang cukup besar. Seperti yang kami catat dalam laporan baru-baru ini, ini karena sewa baru yang diperbarui dengan harga pasar saat ini digabungkan dengan sewa yang ada yang membantu memperlancar dampak keseluruhan. Akibatnya, kita mungkin akan melihat peningkatan yang berkelanjutan dalam komponen hunian CPI setidaknya selama beberapa bulan sebelum efek tertinggal dari sewa yang lebih rendah menyebabkan tekanan penurunan berkelanjutan pada biaya hunian.

Sementara pasar mulai berspekulasi bahwa The Fed telah mencapai titik di mana mereka harus mulai memutar kembali laju kenaikan suku bunga, Ketua Powell secara eksplisit dalam konferensi pers terakhirnya bahwa titik akhir kemungkinan telah direvisi lebih tinggi. Dengan inflasi yang masih jauh dari target dan pasar tenaga kerja yang secara historis ketat, sangat mungkin bahwa Fed Fund Rate mencapai 5% pada pertengahan tahun 2023.

Analisa Teknikal USD