Uni Eropa: Diluar Ekspektasi, Laporan ZEW Jerman Ternyata Dirilis Cukup Oke

ForexSignal88.com l Jakarta, 18/09/2019 – Laporan ZEW yang mengisyaratkan perbaikan sentimen ekonomi Jerman. Namun, risiko ekonomi kawasan ini masih cukup besar. Lembaga riset Zentrum fur Europaische Wirtschaftsforschung (ZEW) melaporkan bahwa indeks sentimen ekonomi Jerman meningkat dari rekor terendah 7-tahun pada level -44.1 pada bulan Agustus menjadi -22.5 pada bulan September.

Pencapaian ini mengungguli estimasi awal yang dipatok pada -38.1, sekaligus menandakan sedikit pemulihan dalam kinerja ekonomi Jerman. Meskipun demikian, sub-indeks kondisi ekonomi saat ini (Current Conditions) justru memburuk dari -13.5 menjadi -19.9 dalam kurun waktu yang sama. Menurut pakar, proyeksi pertumbuhan ekonomi juga masih negatif.

Pemulihan indeks bulan September hanya didukung oleh faktor-faktor yang bersifat sementara. “Outlook masih negatif. Namun, kekhawatiran sangat kuat yang dimiliki oleh para pakar keuangan bulan lalu terkait meningkatnya intensitas konflik dagang antara AS dan China tidak terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *