Trump Kembali Cuitkan Ancaman terhadap China

ForexSignal88.com l Jakarta, 18/07/2019 – Tensi perang dagang kembali naik karena Presiden AS Donald Trump mengancam China melalui twit-nya terkait dengan belum terealisasinya pembelian produk pertanian Negeri Paman Sam oleh Negeri Tirai Bambu.Terkait dengan pasar US Treasury, saat ini masih terjadi inversi pada tenor 3 bulan-10 tahun dengan besaran selisih 6 bps, yang lumrah terjadi sejak perang dagang China-AS memanas pada April lalu. 
Selisih terbesar sempat terjadi sebesar 26 bps pada 3 Juni. Saat ini pelaku pasar global lebih menantikan inversi yang terjadi pada tenor 3 bulan-10 tahun yang mulai terjadi pada awal tahun tetapi timbul dan tenggelam, sebagai indikator yang lebih menegaskan kembali bahwa potensi resesi AS semakin dekat dibanding inversi tenor lain.  
Inversi adalah kondisi lebih tingginya yield seri lebih pendek dibanding yield seri lebih panjang.  Inversi tersebut membentuk kurva yield terbalik (inverted yield curve), yang menjadi cerminan investor yang lebih meminati US Treasury seri panjang dibanding yang pendek karena menilai akan terjadi kontraksi jangka pendek, sekaligus indikator adanya potensi tekanan ekonomi bahkan hingga krisis. 
 
{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *