Tetap PD! Inggris Yakin Ekonomi Tetap ‘OK’ Pasca Brexit

ForexSignal88.com l Jakarta, 03/02/2020 – Inggris yakin ekonominya tetap akan tumbuh meski tidak lagi bersama Uni Eropa (UE). Sebagaimana diketahui, Inggris resmi keluar dari UE, Jumat (31/1/2020) kemarin ini. “Kami yakin ekonomi Inggris akan terus tumbuh dan berkembang setelah kami meninggalkan UE,” kata Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins pada wartawan saat ditemui di Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia.

Pernyataan yang disampaikan Jenkins tersebut dikeluarkan setelah sebelumnya ekonomi Inggris mendapat banyak tekanan dari proses Brexit yang sulit. Bahkan, pada Agustus lalu ekonomi Inggris mencatatkan kontraksi untuk pertama kalinya sejak akhir 2012.  

Rilis data resmi Agustus lalu menunjukkan bahwa produk domestik bruto (PDB) negeri itu pada kuartal kedua menyusut sebesar 0,2%. Namun begitu, Jenkins menegaskan bahwa tantangan pada ekonomi dari Brexit sudah berakhir.  

Apalagi saat ini Brexit sudah secara jelas akan dilakukan dengan mulus karena sudah mendapat restu dari Parlemen Eropa. Selain itu, Inggris telah lebih siap untuk menghadapi goncangan yang akan dibawa Brexit.

“Ketidakstabilan di sekitar Brexit telah sedikit membayangi ekonomi selama 2-3 tahun terakhir, dan itu menekan pertumbuhan di luar dugaan kami,” katanya. “Ketidakpastian itu kini telah hilang. Arah kebijakan ekonomi dan perdagangan sekarang sangat jelas di bawah Perdana Menteri (Boris Johnson). Jadi kami yakin ekonomi akan terus berkembang.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *