Tetap Optimis! Ekonomi China Akan Pulih Cepat dan Berpotensi Tumbuh Signifikan di Kuartal Dua Walau Didera Corona

ForexSignal88.com l Jakarta, 24/03/2020 – Seorang pejabat bank sentral China menyerukan peningkatan koordinasi kebijakan global untuk mengelola dampak ekonomi dari wabah virus corona. Melansir Reuters, pejabat itu mengatakan, langkah-langkah kebijakan yang dilakukan China baru-baru terbilang sukses, dan bank sentral masih memiliki kapasitas untuk menggelontorkan kebijakan lebih lanjut.

Chen Yulu, wakil gubernur di Peoples Bank of China (PBoC), dalam konferensi pers juga bilang bahwa gubernur PBOC Yi Gang telah bertukar pandangan dengan Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell, Dana Moneter Internasional dan lembaga-lembaga lainnya.

“Epidemi global menyebar dengan cepat. Sangat mendesak bagi semua negara untuk memperkuat koordinasi internasional dalam kebijakan makro seperti kebijakan kesehatan masyarakat, kebijakan perdagangan, kebijakan fiskal dan moneter,” kata Chen seperti yang dikutip Reuters.

“Kami akan secara aktif berpartisipasi dalam kerja sama internasional dalam menanggapi tantangan yang ditimbulkan oleh situasi yang kompleks.” Dia juga memprediksi, ekonomi Tiongkok akan segera pulih kembali ke tingkat potensi pertumbuhannya dan akan ada peningkatan yang signifikan dalam tiga bulan mendatang.

Sebelumnya, analis sektor swasta memangkas perkiraan pertumbuhan mereka untuk China ke posisi terendah yang tidak terlihat sejak Revolusi Kebudayaan berakhir pada tahun 1976, dengan kontraksi tajam yang diharapkan pada kuartal pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *