Tahap Awal ‘PERANG DINGIN KEDUA’ di Perang Dagang Sebenarnya Sudah Dimulai. Maksudnya?

Forexsignal88.Com – Dua ekonomi terbesar dunia “sudah dalam tahap awal” Perang Dingin tahap kedua, menurut Niall Ferguson, seorang rekan senior di Hoover Institution di Stanford University. Berbicara di Forum Ambrosetti di Italia pada hari Jumat (6/9/2019), Ferguson mengatakan Presiden Donald Trump sekarang berada dalam posisi tidak akan dapat mencegah kerusakan abadi pada hubungan AS-China dengan mengurangi sengketa perdagangan mereka yang berlarut-larut. 
Itu karena konflik perdagangan jangka panjang antara Washington dan Beijing adalah “bukan hanya tentang perdagangan,” kata Ferguson seperti mengutip cnbc.com. Alih-alih, itu telah menjadi perselisihan multi-sisi, menyangkut masalah teknologi dan geopolitik. 
“Kabar baiknya adalah saya tidak berpikir mereka ditakdirkan untuk perang panas di Laut Cina Selatan atau di tempat lain, tapi saya pikir mereka sedang dalam Perang Dingin.” “Dan saya tidak berpikir Presiden Trump lagi memiliki kekuatan untuk mematikannya dengan melakukan kesepakatan perdagangan – yang saya pikir dia ingin lakukan di beberapa titik antara pemilihan sekarang dan tahun depan,” kata Ferguson. 
Trump ‘tidak lagi dalam posisi’ untuk mematikan perang dagang. Saat ini Washington dan China telah memberlakukan tarif barang-barang satu sama lain bernilai miliaran dolar sejak awal 2018, menghancurkan pasar keuangan dan memburuknya sentimen bisnis dan konsumen. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *