Swiss Franc, Jawara Mata Uang Safe Heaven Dunia

Forexsignal88.com – Sepanjang semester I-2020, mata uang franc Swiss menjadi jawara mata uang dunia alias mencatat kinerja terbaik melawan dolar Amerika Serikat. Status tersebut sempat dipegang rupiah pada bulan Januari lalu, sayangnya pandemi penyakit virus corona (COVID-19) membalikkan arah mata uang dunia.

Mata uang yang menyandang status aset aman (safe haven) menjadi incaran pelaku pasar, sementara mata uang negara emerging market yang memberikan imbal hasil tinggi tetapi mengandung risiko lebih besar pun “dibuang”. Franc bersama yen dan dolar AS merupakan mata uang yang dianggap safe haven.

Kali ini, franc menjadi jawara di antara ketiganya. Berdasarkan data Refinitiv, sepanjang semester I-2020, franc mencatat penguatan 2,2% dan berada di puncak klasemen. Sementara itu, yen berada di posisi ketiga dengan penguatan 0,6%. Yang menarik, dolar Taiwan yang bukan merupakan mata uang safe haven mampu berada di peringkat kedua dengan penguatan 1,7%.

Jika dilihat dari jumlah kasus Covid-19 yang menyerang lebih dari 200 negara/wilayah di dunia dan menginfeksi lebih dari 10 juta orang, kasus di Taiwan hanya sebanyak 447 orang, dengan 7 orang meninggal dunia dan 438 orang sembuh, berdasarkan data Worldometer.