Suntikan Dana PBoC dan Rilis Data Manufaktur AS yang Bagus Menekan Harga Emas

ForexSignal88.com l Jakarta, 05/02/2020 – Harga emas dunia melemah meski penyebaran virus corona belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Sejauh ini lebih dari 400 orang meninggal akibat virus tersebut, dan menjangkiti lebih dari 20.000 orang, dan sudah menyebar ke 27 negara.  

Namun, penyebaran virus tersebut belum mampu mendongkrak kinerja emas yang menyandang status aset aman (safe haven). Sebabnya, bank sentral China (People’s Bank of China/PBoC) yang menggelontorkan stimulus guna mencegah terjadinya gejolak di pasar finansial akibat virus corona.  

Senin kemarin PBoC menyuntikkan likuiditas melalui program reverse repo. PBoC menurunkan suku bunga reverse repo tenor 7 hari menjadi 2,4%, sementara tenor 14 hari diturunkan menjadi 2,55% dan menyuntikkan likuiditas mencapai 1,2 triliun yuan (US$ 174 miliar) di pasar.

“Fakta PBoC mengantisipasi dampak virus corona telah membuat emas melemah. Ketakutan di pasar Asia berkurang dan mereka tidak membeli emas … tapi ada efek penekan besar dalam jangka panjang yang harus dipertimbangkan, mengingat 50% dari China masih tanpa aktivitas di pekan ini, dan akan ada penurunan dari sisi produksi dan konsumsi” kata Stephen Innes, kepala ahli strategi pasar di AxiCorp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *