Serial Indikator Oscilator: On Balance Volume (OBV)

ForexSignal88.com l Jakarta, 27/11/2017 – On Balance Volume (OBV) adalah indikator kekuatan pasar yang dikembangkan oleh Joe Granville untuk menentukan arus volume positif dan negatif untuk suatu pair tertentu dengan membandingkan volume dengan pergerakan harga. Ini adalah indikator sederhana dengan menambahkan volume time-frame tertentu saat harga penutupan naik dan mengurangi volume time-frame tertentu saat harga penutupan turun. Garis OBV adalah jumlah kumulatif yang mengalir dari volume ini. Time-frame bisa bulanan, mingguan, mingguan, jam, 15 menit, dll.

Seperti dijelaskan, OBV dihitung dengan menambahkan volume time-frame ke jumlah kumulatif yang berjalan ketika harga penutupan pair naik, dan mengurangkan volume dari jumlah kumulatif yang berjalan saat harga penutupan pair turun.

Jika harga penutupan lebih tinggi dari harga penutupan sebelumnya untuk time-frame dimaksud, maka OBV baru dihitung dengan menggunakan rumus:

OBV = OBV saat ini + Volume

Jika harga penutupan lebih rendah dari harga penutupan sebelumnya untuk time-frame yang dimaksud, maka OBV baru dihitung dengan menggunakan rumus:

OBV = OBV saat ini – Volume

Arah garis OBV lebih penting daripada nilai OBV karena garis OBV menunjukkan kekuatan membeli atau menjual. OBV yang meningkat mengindikasikan peningkatan permintaan akan pair yang mendasari, yang merupakan kebutuhan akan tren kenaikan yang kuat, dan kenaikan harga pair dapat diharapkan.

Sebaliknya, divergensi antara OBV dan kenaikan harga keamanan menunjukkan bahwa tren naik mulai melemah dan tidak akan bertahan.

Di pasar yang sideways, OBV yang meningkat mengindikasikan potensi breakout bullish sementara OBV yang jatuh mengindikasikan potensi breakout bearish.

Sumber Gambar: onlinetradingconcept.com

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *