Serial Indikator Oscilator: Momentum

ForexSignal88.com l Jakarta, 11/12/2017 – Momentum (MTM) adalah indikator oscilator momentum yang sederhana, mirip dengan Rate of Change (RoC). Seperti RoC, indikator oscilator Momentum (MTM) mengukur laju sebuah tren yang sedang terjadi, apakah mempercepat atau melambat.

Hal ini dilakukan dengan membandingkan harga penutupan (close) terbaru dengan harga penutupan periode tertentu di masa lalu. Dengan demikian, indikator MTM 7 hari membandingkan harga close terakhir dengan harga close tujuh hari lalu. Seperti RoC, indikator MTM sangat sensitif terhadap perubahan harga dan cenderung tidak menentu.

Momentum (MTM) hanya dihitung dengan mengurangkan harga close periode tertentu sebelumnya dari harga close terakhir dengan menggunakan rumus:

Momentum = Close terakhir – Close periode tertentu

dimana periode yang ditentukan adalah harga close sebelumnya yang ditentukan oleh trader. Hasilnya diplot sebagai osilator tak terikat yang berosilasi di atas dan di bawah garis tengah, yaitu garis nol.

Pertimbangan utama saat menggunakan MTM adalah garis tengah. Ketika harga pair yang mendasari berada dalam tren naik, sinyal beli dihasilkan saat osilator Momentum bergerak di bawah garis tengah dan mulai bergerak ke atasnya. Ketika harga pair yang mendasari berada dalam tren turun, sinyal jual dihasilkan saat osilator Momentum bergerak di atas garis tengah dan mulai bergerak ke bawahnya.

Sinyal entri juga dihasilkan saat garis tren yang digambar pada osilator Momentum dilanggar.

Sumber Gambar: onlinetradingconcepts.com

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *