Serial Candlestick: Three Black Crows

ForexSignal88.com l Jakarta, 04/10/2017 – Pola Three Black Crows adalah kebalikan dari pola Three White Soldiers. Pola Three Black Crows adalah pola pembalikan arah (reversal) tren bearish. Pola ini terdiri dari tiga candlesticks bearish yang memberi konotasi buruk dan berwarna gelap, maka oleh sebab itu dinamakan Three Black Crows. Pola ini termasuk dalam pola pembalikan arah tren yang moderat yang seharusnya dipertimbangkan saat muncul dalam suatu rally atau tren kenaikan yang panjang. Pola Three Black Crows biasanya menunjukkan pelemahan dalam tren naik yang sedang terjadi dan berpotensi munculnya awal dari tren turun.

Masing-masing dari tiga candlesticks dalam pola Three Black Crows harus candlestick bearish yang relatif panjang dengan setiap candlestick ditutup pada atau mendekati harga low untuk periode tersebut. Setiap candlestick berturut-turut harus menandai gerak harga menurun yang stabil dan seharusnya tidak memiliki shadow atau sumbu bawah yang panjang. Sebaiknya setiap candle dalam pola ini harus memiliki level open di dalam real body candlestick sebelumnya dalam pola ini tetapi ini bukan syarat penting.

Jika pola ini muncul dalam tren naik, ini mengindikasikan potensi pelemahan tren dan kemungkinan pembalikan arah (reversal) tren. Namun, jika tiga candle di atas bergerak turun atau membuat penurunan harga yang signifikan, maka Anda mungkin perlu mewaspadai kondisi jenuh jual (oversold).

Tidak seperti dalam pola Three White Soldiers yang bentuknya ada kemiripan dengan pola lain yaitu pola Advanced Block dan pola Stalled. Kesamaannya adalah ketiga pola ini sama – sama terdiri dari tiga candle yang berwarna terang (bullish). Sedangkan Three Black Crows memiliki kesamaan dengan pola Advanced Block dan pola Stalled karena kemunculannya saat terjadi uptrend. Namun juga memiliki perbedaan yaitu pola Three Black Crows memiliki bentuk ketiga candlenya yang berwarna gelap (bearish).

Kelima pola ini adalah merupakan pola moderat, artinya menjadi pertimbangan untuk melakukan setup sesuai fungsinya masing – masing.

Sumber Gambar: stockmarketstudent.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *