Serial Candlestick: Engulfing

ForexSignal88.com l Jakarta, 08/09/2017 – Pola engulfing adalah kebalikan dari pola harami dengan pengecualian bahwa candlesticks yang membentuk pola tidak boleh sama warnanya (terang dan gelap). Hal ini mirip dengan pola pembalikan arah luar. Seperti pola harami, pola engulfing terdiri dari dua candle. Candlestick pertama adalah candlestick yang relatif pendek dengan body pendek dan candlestick yang kedua merupakan candlestick besar dengan real body besar yang menelan real body candlestick pertama. Pola engulfing bisa berupa bearish atau bullish, tergantung lokasinya pada chart harga. Selain itu, warna candlesticks cukup signifikan untuk membedakan jenisnya.

Pertama, pola engulfing adalah pola pembalikan arah (reversal) tren dan karenanya pergerakan harga harus memiliki tren yang sebelumnya. Pola ini lebih dapat diandalkan jika muncul pada atau di dekat garis support atau resistance, atau garis tren. Kedua, warna candlesticks itu penting.

Pergerakan harga yang naik atau dalam tren naik, candlestick pertama dalam pola ini harus menunjukkan warna terang yang ditutup lebih tinggi dari harga open (candle bullish). Lalu candlestick kedua, haruslah candlestick yang lebih besar dan berwarna gelap, menunjukkan bahwa harga close lebih rendah dari harga open (candle bearish). Real body candlestick pertama yang kecil menunjukkan tingkat keraguan dan ketidakpastian tentang tren naik yang sedang terjadi. Kemudian body besar candlestick kedua menunjukkan bahwa seller telah lebih besar dari buyer dan sangat berpeluang menjadi permulaan tren turun.

Sebaliknya, pergerakan harga yang turun atau dalam tren turun, candlestick pertama dalam pola harus menunjukkan warna gelap yang ditutup lebih rendah dari harga open (candle bearish). Lalu candlestick kedua, haruslah candlestick yang lebih besar dan berwarna terang, menunjukkan bahwa harga close lebih tinggi dari harga open (candle bullish). Real body candlestick pertama yang kecil menunjukkan tingkat keraguan dan ketidakpastian dalam tren turun dan body besar candlestick kedua menunjukkan bahwa buyer telah lebih besar dari seller dan tren naik sangat berpeluang terjadi.

Ketiga, besaran real body candlestick sebenarnya sangat penting karena body yang lebih kecil menyiratkan keraguan dan ketidakpastian yang lebih besar.

Keempat, volume pada candlestick kedua harus lebih tinggi dari pada candlestick yang pertama.

Sumber Gambar: profit.com

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *