Serial Candlestick: Belt Hold

ForexSignal88.com l Jakarta, 14/09/2017 – Pola candlestick Belt-Hold (atau yorikiri seperti yang diketahui di Jepang) dianggap sebagai pola pembalikan arah tren (reversal) minor. Pola ini dapat mengindikasikan pembalikan arah tren bullish atau bearish, tergantung pada sifat dari pola dan arah tren di mana ia muncul. Pola Belt-Hold adalah pola candlestick tunggal yang serupa dengan candlestick Marubozu karena memiliki real body yang besar dengan sedikit atau tanpa shadow. Hal ini menunjukkan kekuatan aktivitas bullish atau bearish.

Candlestick Belt-Hold tunggal yang muncul dalam tren naik adalah pola pembalikan arah tren atas yang potensial dan polanya disebut sebagai pola bearish Belt-Hold. Pola bearish belt-hold terdiri dari satu candlestick gelap (bearish) tunggal yang level open berada atau di dekat level high dan level close berada pada atau di dekat level low, sehingga sangat sedikit shadow bagian atas atau bawah.

Sebaliknya, pola bullish Belt-Hold muncul dalam tren turun dan merupakan pola pembalikan arah tren bawah yang potensial. Ini terdiri dari satu candlestick tunggal yang juga level open berada atau di dekat level low dan level close berada atau di dekat level low. Panjang dari candlestick ini mengindikasikan adanya potensi perubahan dalam sentimen, sehingga pola menjadi lebih signifikan jika tergantung dari ukuran candlestick pada pola Belt-Hold ini.

Baik pola bullish dan bearish Belt-Hold lebih dapat diandalkan saat berada di dekat level pasar yang ekstrem seperti ditunjukkan oleh garis tren, support dan resistance, level pivot dan moving averages. Mereka juga lebih penting saat mereka membentuk pola candlestick lainnya, seperti pola dark-cloud-cover atau pola engulfing.

Pola ini memang tidak atau kurang populer di kalangan trader. Malah kalah populer dengan Marubozu. Perbedaannya adalah pembentukan shadow di pola Belt-Hold lebih fleksibel atau dibolehkan di kedua sisi. Sedangkan Marubozu biasanya shadow hanya dibolehkan di sesuai arahnya.

Walaupun begitu, kebanyakan trader itu semua dianggap sebagai Marubozu. Mungkin karena efek atau dampaknya yang sama, yaitu signifikansi pergerakan arah candle, biasanya sebagai indikasi pembalikan arah (reversal) tren.

Sumber Gambar: stephenbigalow.com

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *