Selain Hongkong, Prospek Kesepakatan AS-China Kembali ‘DIRUSAK’ Komentar Trump dan RUU Uighur

ForexSignal88.com l Jakarta, 05/12/2019 – Komentar Presiden Amerika Serikat Donald Trump bahwa perjanjian perdagangan dengan China kemungkinan akan tertunda hingga akhir tahun 2020 pasca pemilihan presiden AS dan RUU DPR AS tentang kamp-kamp untuk muslim di Xinjiang telah meragukan kesepakatan jangka pendek untuk mengakhiri perang dagang.

“Dalam beberapa hal, saya menyukai gagasan menunggu sampai setelah pemilihan untuk kesepakatan China. Tetapi mereka ingin membuat kesepakatan sekarang, dan kita akan melihat apakah kesepakatan itu benar atau tidak,” kata Trump kepada wartawan seperti dikutip Reuters.

Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat AS untuk RUU yang mensyaratkan pemerintahan Trump untuk menguatkan tanggapannya terhadap tindakan keras China terhadap muslim Uighur di wilayah barat Xinjiang juga membuat Beijing marah.

Beberapa sumber yang mengetahui sikap Beijing mengatakan kepada Reuters bahwa peningkatan ketegangan yang dipicu oleh RUU Xinjiang dapat membahayakan kesepakatan perdagangan fase satu yang sudah penuh dengan perseteruan dan memiliki kompleksitas tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *