Sektor Produksi Industri Negeri Sakura Dirilis MENURUN

ForexSignal88.com l Jakarta, 01/10/2019 – Biro Statistik Jepang merilis data produksi industri secara preliminier di bulan Agustus yang turun -4.7 persen secara tahunan (Year-over-Year). Data ini lebih buruk ketimbang forecast ekonom sebelumnya yang memprediksi output industri negeri Sakura bulan lalu akan turun -3.9 persen, setelah membukukan kenaikan tipis 0.7 persen YoY sepanjang periode Juli. 

Penurunan produksi industri juga terjadi dalam basis bulanan, tercatat Industrial Production Jepang bulan Agustus merosot -1.2 persen (Month-over-Month), terperosok lebih dalam dibandingkan ekspektasi penurunan -0.5 persen dalam polling Reuters. 
Padahal pada bulan Juli, output sektor industri Jepang mampu tumbuh 1.3 persen dari bulan sebelumnya. Notulen Pertemuan BoJ Ungkap Rencana Stimulus Kemerosotan yang terjadi pada sektor industri Jepang dalam beberapa waktu terakhir, memang tidak terlepas dari faktor lemahnya permintaan dari luar negeri, karena dipicu oleh sengekata dagang AS-China yang notabene dua negera ekonomi terbesar dunia. 
Perang dagang AS-China yang saling menghambat satu sama lain, tentu saja menganggu rantai perdagangan global. Kondisi ini langsung berimbas langsung terhadap Jepang yang ekonominya sangat bergantung pada ekspor. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *