FS88 JOURNAL EUR TEMPLATE

Sekilas Forex: Non Farm Payroll Dongkrak USD Kearah Positif

 AUDUSD

WEEKLY OUTLOOK :  NETRAL

O : 0.7118     H : 0.7130      L : 0.7051      C : 0.7103

PERGERAKAN SEPEKAN 01/04 – 05/04 : NEGATIF

RANGE SEPEKAN : 79 PIP

Secara Fundamental, Pada rapat kebijakan yang berlangsung hari Selasa (2/April) kemarin, RBA menetapkan suku bunga acuan di level 1.5 persen, sesuai dengan ekspektasi pasar sebelumnya. Angka 1.5 persen tersebut tidak berubah dari rilis periode sebelumnya, dan menandai kebijakan suku bunga yang tidak mengalami penyesuaian dari RBA selama 29 pertemuan berturut-turut.

Menurut probabilitas kenaikan suku bunga RBA untuk bulan April, peluang Rate Hike hanya mencapai 4 persen saja. Namun demikian, pasar memprediksi jika RBA kemungkinan besar akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan September mendatang.

Dalam sebuah pernyataan pasca rilis suku bunga, Gubernur RBA, Philip Lowe, menekankan bahwa pasar tenaga kerja Australia dan tren upah cukup kokoh. “Peningkatan berkelanjutan pasar tenaga kerja diperkirakan akan mendorong kenaikan upah secara bertahap dari waktu ke waktu,” kata Lowe.

Namun di tengah optimisme RBA terhadap sektor tenaga kerja, Lowe juga mengakui bahwa data GDP Australia terbaru mencerminkan kondisi perekonomian yang lemah, berbanding terbalik dari pasar tenaga kerja Australia yang dinilai cukup kuat.

“GDP melemah karena konsumsi rumah tangga terus berada di teritori rendah. Hal ini dipicu oleh pendapatan yang belum membaik dan pasar perumahan yang lesu. Mengimbangi pelemahan tersebut, tingkat pengeluaran infrastruktur publik dan investasi swasta mendukung prospek pertumbuhan,” ungkap Lowe.

Faktor-faktor yang cukup beragam itulah yang mendasari RBA tetap mempertahankan suku bunga acuan pada pertemuan bulan April, mematahkan prediksi beberapa ekonom sebelumya yang berpendapat jika Bank Sentral Australia akan memangkas suku bunga pada pertemuan bulan ini.

Untuk sepekan kedepan akan ada beberapa Fundamental penting yang akan dirilis untuk zona Ekonomi Australia, diantaranya :

  1. Westpac Consumer Sentiment Rabu 10/04/19 Pk 07:30 WIB
  2. OPEC Meetings Kamis 11/04/19 All Day
  3. RBA Financial Stability Review Jumat 12/04/19 Pk 08:30 WIB                 

Secara Teknikal, PELEMAHAN pasangan harga AUDUSD mungkin masih akan berlanjut berdasarkan formasi candlestick weekly. Namun demikian tetap perlu diwaspadai rebound intraday BULLISH yang mungkin akan terjadi pada timeframe Daily. Apabila minggu depan terjadi breakout BULLISH pada level 0.7151, kemungkinan harga akan kembali ke level 0.7205 – 0.7255 – 0.7305. Namun sebaliknya apabila terjadi breakout BEARISH pada level 0.7035, maka kemungkinan harga akan kembali melanjutkan gerakan PELEMAHANnya ke area level 0.6980 – 0.6930 – 0.6881.

 FS88 JOURNAL AUD TEMPLATE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *