FS88 JOURNAL EUR TEMPLATE

Sekilas Forex: Non Farm Payroll Dongkrak USD Kearah Positif

EURUSD

WEEKLY OUTLOOK : NEGATIF DENGAN RISK REBOUNG PADA TF 1 HARI

O : 1.1230     H : 1.1255      L : 1.1184      C : 1.1218

PERGERAKAN SEPEKAN 01/04 – 05/04 : NEGATIF

RANGE SEPEKAN : 71 PIP

Secara Fundamental,  Setelah AS dan China mencapai kesepakatan perdagangan, Negeri Paman Sam diyakini akan menjalani perang dagang berikut dengan Uni Eropa (UE). Demikian disampaikan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). Komentar itu hadir saat para pelaku pasar terus memantau prospek perjanjian perdagangan komprehensif antara Washington dan Beijing. Pada Kamis (4/4/2019), Presiden AS Donald Trump mengatakan AS telah menemukan titik temu pada beberapa poin krusial dalam pembicaraan perdagangan.

Ia menambahkan kesepakatan dapat disepakati dalam empat minggu ke depan. Presiden Cina Xi Jinping dilaporkan menggemakan optimisme atas kemungkinan kesepakatan. Tetapi Gedung Putih memperingatkan beberapa poin tetap belum terselesaikan. “Walaupun kita selesai dengan AS dan China, AS akan beralih ke Eropa,” kata Kepala Ekonom OECD Laurence Boone.

“Jadi, saya pikir dengan merusak sistem berbasis peraturan multi-lateral pada perdagangan, kita baru saja menyuntikkan dosis besar ketidakpastian di dunia yang akan tinggal bersama kami untuk waktu yang lama,” lanjutnya. Sementara itu, negosiator AS dan UE berselisih tentang apa yang harus dimasukkan dalam kesepakatan perdagangan prospektif mereka sendiri. Juli lalu, Trump dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengumumkan mereka telah menyetujui persyaratan pakta perdagangan di masa yang akan datang.

Namun, AS dan UE sejak saat itu tidak setuju tentang apakah hambatan perdagangan pertanian akan menjadi bagian dari kesamaan perdagangan. “Eropa benar-benar yakin bahwa itu tidak termasuk produk petani, dan AS benar-benar yakin bahwa perjanjian awal ini untuk memulai diskusi termasuk produk pertanian,” kata Boone. “Jadi, itu bukan awal yang baik untuk bernegosiasi,” tambahnya.

Untuk sepekan kedepan akan ada beberapa Fundamental penting yang akan dirilis untuk zona Ekonomi Uni Eropa, diantaranya :

  1. Main Refinancing Rate             Rabu 10/04/19 Pk 18:45 WIB
  2. Monetary Policy Statement Rabu 10/04/19 Pk 18:45 WIB
  3. ECB Press Conference Rabu 10/04/19 Pk 19:30 WIB
  4. OPEC Meetings Kamis 11/04/19 All Day

Secara Teknikal, PELEMAHAN pasangan harga EURUSD mungkin masih akan berlanjut berdasarkan formasi candlestick weekly. Namun demikian tetap perlu diwaspadai rebound intraday BULLISH yang mungkin akan terjadi pada timeframe Daily. Apabila minggu depan terjadi breakout BULLISH pada level 1.1287, kemungkinan harga akan kembali ke level 1.1331 – 1.1376 – 1.1423. Namun sebaliknya apabila terjadi breakout BEARISH pada level 1.1171, maka kemungkinan harga akan kembali melanjutkan gerakan PELEMAHANnya ke area level 1.1125 – 1.1082 – 1.1036.

FS88 JOURNAL EUR TEMPLATE 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *