Sekarang Uni Eropa Yang Akan ‘DIHANTUI’ Ancaman Resesi

Forexsignal88.Com – Dunia kini ditakuti hantu resesi. Bukan hanya Amerika, resesi juga menghantui benua lain termasuk Eropa dan Asia.  Namun, diantara negara-negara yang banyak dilanda isu perlambatan ekonomi berturut-turut dalam dua periode dalam satu tahun ini, kebanyakan pengamat percaya bahwa resesi akan melanda benua Eropa terlebih dahulu. 

Hal ini setidaknya diutarakan Mario Draghi, pemimpin Bank Sentral Eropa (ECB) yang sebentar lagi akan meninggalkan lembaga moneter itu 1 November nanti. Bahkan, dalam pernyataannya ia menyebut zona Eropa menghadapi “kemelorotan ekonomi” bahkan jauh yang sebelumnya diperkirakan. Draghi mengungkapkan ini setelah melihat data termasuk pelemahan manufaktur di Jerman. 
Perlu diketahui, Jerman adalah ekonomi terbesar di Eropa yang menyumbang 17,8% PDB benua itu.  Purchasing managers index (PMI) untuk Eropa jeblok ke 50,4 di September, di bawah perkiraan awal dan PMI September 51,9 di Agustus. Angka 50 menjadi ambang batas PMI, di mana di atas 50 menunjukkan ekspansi atau peningkatan aktivitas sementara di bawah 50 menunjukkan kontraksi atau aktivitas yang memburuk. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *