Secara Makro Sejumlah Data Aktivitas Ekonomi AS Sebenarnya Masih Dalam Tekanan

“Penurunan dalam pendapatan personal pada bulan Mei terutama merefleksikan penurunan tunjangan sosial pemerintah untuk perorangan karena pembayaran yang diberikan kepada individual dari program pemulihan ekonomi federal sebagai respons terhadap pandemi COVID-19 itu berlanjut, tetapi dalam tingkat lebih rendah,” papar BEA.

Sejumlah program tunjangan pemerintah AS terkait COVID-19, khususnya pembayaran klaim pengangguran, dijadwalkan berakhir pada akhir bulan Juli mendatang. Padahal program-program itu sangat penting untuk menopang belanja konsumen dan menggenjot pemulihan ekonomi.

Untuk menggelontorkan dana lebih besar lagi, pemerintah AS harus menunggu Senat meneken legislasi terkait virus Corona lagi. Hal ini menumbuhkan kegelisahan bagi sebagian investor, mengingat kondisi perpolitikan AS yang cenderung sulit ditebak.

Meski demikian, banyak orang di Wall Street yang tetap optimis kalau Senat bakal menyetujui peluncuran stimulus fiskal tambahan. Pasalnya, AS bakal menggelar pemilu presiden dan legislatif pada bulan November.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *