Safe Haven Gold Masih Belum Terlalu Diminati

Analisa Teknikal Gold

Dari data ekonomi sendiri sejak pertemuan terakhir menunjukkan bahwa pemulihan ekonomi masih berlangsung. Nonfarm payrolls naik + 245K di bulan November, lebih lemah dari konsensus + 469K dan tambahan + 610K di bulan Oktober. Tingkat pengangguran merosot -0,2 ppt menjadi 6,7%. Pertumbuhan upah rata-rata stabil di + 4.4% selama satu bulan. Terkait inflasi, IHK utama stabil di + 1.2% y / y, mengalahkan konsensus di + 1.1%. IHK Inti juga tidak berubah di + 1,6%. Sementara itu, PDB tumbuh pada tingkat tahunan sebesar + 33,1% q / q di 3Q20 (tidak direvisi).

Jika kita lihat dari sisi teknikal, harga emas cenderung lebih rendah dan turun secara teratur dan membentuk garis nilai tertinggi dan terendah yang lebih rendah. Tren bearish tetap utuh kecuali harga dapat menembus dengan kuat resistance yang sekarang berada di kisaran $1877 sampai dengan $1885.

Jika kita lihat dari sisi bawahnya, maka kesempatan XAU/USD untuk turun terbuka untuk dapat menembus support level $1821 dan setelah itu lanjut ke support psikologis $1800.

Sumber: Cnbc.Com, Marketwatch.Com, MT5