Safe Haven Gold Masih Belum Terlalu Diminati

Forexsignal88.Com – Saat yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. AS memulai pengiriman pertama vaksin Covid-19 pada hari Minggu setelah persetujuan akhir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Prospek vaksin Covid kemungkinan menguntungkan emas dengan mengantisipasi peningkatan yang stabil dalam perjalanan umum. Kendati demikian, harga emas terlihat berjuang untuk memanfaatkan penurunan greenback, menandakan kelemahan yang mendasarinya meskipun ada penurunan paralel dalam imbal hasil riil AS.

Harga emas memperpanjang kerugian pada hari Senin karena Pfizer menerima otorisasi penggunaan darurat dari FDA, membuka jalan bagi peluncuran bertahap vaksin virus korona di AS yang bertujuan untuk menciptakan ‘kekebalan kelompok’ dalam enam bulan ke depan atau lebih. Perkembangan vaksin, di samping prospek laju pembukaan ekonomi yang lebih cepat dan kurang bergantung pada dukungan stimulus, telah menjadi salah satu faktor utama yang membebani harga emas baru-baru ini.

Sementara pandemi masih jauh dari selesai dengan banyak negara terus memberlakukan pembatasan, investor akhirnya melihat cahaya di ujung terowongan gelap. Apa yang diberikan hari ini di AS lebih dari sekedar vaksin tetapi harapan hidup akan segera kembali normal.

Selain vaksin yang menjadi topik perhatian juga datang dari FOMC dan apa yang kemungkinan akan dilakukan oleh FOMC. Pada pertemuan terakhir tahun ini, kami memperkirakan The Fed akan lebih berhati-hati tentang prospek jangka pendek, sementara lebih optimis dalam jangka panjang. Fokus pertemuan adalah penyesuaian pedoman ke depan tentang program pembelian aset. Ini akan menjadi panduan kualitatif dan berbasis hasil yang paling diminati.

Analisa Teknikal Gold