Prediksi Ekstrim Harga Emas Bisa Mencapai US$ 10.000/Troy Ons, Apakah Mungkin?

Bank of Amerika (BofA) menargetkan emas mencapai US$ 2.000/US$ di kuartal III-2020, melewati rekor sebelumnya US$ 1.920/troy ons yang dicapai pada September 2011 lalu. Dalam 18 bulan ke depan, BofA memprediksi emas mencapai US$ 3.000/troy ons.

Yang paling ekstrem, emas diprediksi akan mencapai US$ 10.000/troy ons oleh Dan Olivier, pendiri Myrmikan Capital. Olivier melihat neraca (balance sheet) bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) sebagai faktor utama yang membawa harga emas terbang mengangkasa.

“The Fed, seperti yang ada ketahui, melakukan aksi pembelian aset uang masif akibat situasi yang disebabkan virus corona, oleh karena itu harga ekuilibrium emas juga naik dengan sepadan, harga emas yang seimbang dengan balance sheet The Fed kini sangat tinggi,” kata Olivier, sebagaimana dilansir Kitco.

Sayangnya, Olivier tidak menyebutkan dalam rentang waktu berada lama emas akan mencapai level US$ 10.000/troy ons. “Perkiraan saya sudah berubah, saya sekarang melihat harga emas bisa ke US$ 10.000/troy ons,” tambahnya.