Prediksi Ekstrim Harga Emas Bisa Mencapai US$ 10.000/Troy Ons, Apakah Mungkin?

Forexsignal88.com – Menyandang status safe haven, emas biasanya tertekan saat muncul optimisme perekonomian akan bangkit. Kali ini, emas diprediksi menguat kala perekonomian membaik.

“Pergerakan harga emas pekan depan (pekan ini) akan dipengaruhi oleh data ekonomi. Kabar bagus akan menjadi baik juga untuk emas,” kata Bart Melek, kepala strategi global di TD Securities, sebagaimana dilansir Kitco Jumat (26/6/2020).

Sepanjang kuartal II-2020, virus corona yang menyebabkan perekonomian global menuju jurang resesi menjadi pemicu utama penguatan emas. Risiko resesi tersebut membuat bank sentral di berbagai negara menggelontorkan stimulus moneter miliaran hingga triliunan dolar AS.

Begitu juga dengan pemerintah yang menggelontorkan stimulus fiskal juga dengan nilai jumbo. Akibatnya, perekonomian banjir likuiditas yang menjadi “bensin” bagi emas untuk melaju. Penguatan emas masih belum akan terhenti, mayoritas analis memprediksi emas akan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa, bahkan jauh lebih tinggi.