Powell ‘BERSIKERAS’ Tren Suku Bunga Negatif ‘TIDAK COCOK’ Untuk AS

“Ekonomi AS berada dalam posisi yang kuat. Kami memiliki pertumbuhan, kami memiliki sektor konsumen yang kuat, kami memiliki inflasi. Anda cenderung melihat tingkat negatif di ekonomi yang lebih besar seperti saat pertumbuhan sangat rendah dan inflasi cukup rendah. Itu tidak terjadi di sini, “katanya.

Dia mengatakan, dampak dari tiga kali pemotongan suku bunga di tahun ini masih akan sepenuhnya dirasakan untuk mendukung pengeluaran rumah tangga dan bisnis. Dan ini akan membiarkan bank sentral kemungkinan berhenti meggunting bunga lagi, kecuali jika ada perubahan “material” dalam prospek ekonomi.

Investor membaca ini bahwa kemungkinan suku bunga akan ditahan sampai akhir tahun depan. “Kami melihat sikap kebijakan moneter saat ini cenderung tetap sesuai dengan pandangan kami tentang pertumbuhan ekonomi moderat, pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi mendekati tujuan 2% simetris kami,” kata Powell.

Bukan kali ini saja Trump meminta The Fed memangkas bunga hingga ke teritori negatif. Pada bulan September 2019 lalu, Trump sudah mendesak The Fed untuk menerapkan kebijakan ini. Menurut Trump, dengan tingkat bunga negatif akan menghemat uang pemerintah terutama utang pemerintah, termasuk akun jaminan sosial yang telah mencapai rekor US$ 22 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.