Popularitas Yen Sebagai Safe Heaven Jelas Semakin Menurun

ForexSignal88.com l Jakarta, 28/02/2020 – Yen merupakan aset yang menyandang status aset aman (safe haven) dan kerap menjadi buruan pelaku pasar ketika terjadi gejolak geopolitik maupun di pasar finansial. Kombinasi wabah virus corona dan anjloknya bursa saham seharusnya membuat yen perkasa.

Nyatanya, di sepanjang pekan ini yen “hanya” menguat 1,16%, bahkan melemah pada Rabu kemarin, dan menyentuh level terlemah 10 bulan pada pekan lalu.  Melihat pergerakan tersebut, yen berpeluang kehilangan statusnya sebagai aset safe haven, apalagi ekonomi Jepang terancam mengalami resesi akibat wabah virus corona.

Wajar saja, Jepang menjadi negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak ke-empat. Hingga saat ini tercatat sebanyak 189 pasien yang positif corona. Lonjakan kasus virus corona terjadi di Korea Selatan, Italia dan Iran.

Berdasarkan data dari satelit pemetaan ArcGis dari John Hopkins CSSE, jumlah kasus Covid-19 di Korsel kini mencapai 1.595 orang, dengan 12 orang meninggal dunia. Korsel kini menjadi negara dengan jumlah kasus virus corona terbanyak kedua setelah China yang menjadi pusat wabah tersebut.

Korban meninggal di Italia juga sebanyak 12 orang, dengan 453 orang yang terjangkit, sementara Iran melaporkan 19 orang meninggal dan menjangkiti 139 orang. Di China yang merupakan pusat wabah corona, jumlah korban meninggal lebih dari sebanyak 2.700 orang, dan telah menjangkiti lebih dari 78.000 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *