Pola Grafik Kontinyu : Symmetric Triangle

ForexSignal88.com l Jakarta, 04/09/2017 – Pola segitiga simetris (symmetric triangle) adalah pola grafik yang dapat muncul dalam tren naik atau tren turun. Juga ditandai oleh serangkaian level low yang lebih tinggi dan level high yang lebih rendah. Jika garis tren support yang menggabungkan level low berturut-turut dan garis tren resistance yang menggabungkan level high berturut-turut ditarik, menghasilkan kedua garis tren bertemu dengan posisi yang simetris. Pola symmetric triangle ini menunjukkan periode keraguan saat kekuatan buyer dan seller di pasar hampir sama. Selama kondisi ini, upaya untuk mendorong harga naik akan langsung dibalas dengan penjualan dan upaya untuk menekan harga turun akan langsung dibalas dengan pembelian. Ada juga kecenderungan volume turun pada saat terbentuknya pola ini. Namun pada akhirnya harga akan keluar dari area triangle. Biasanya gerak penembusan (breakout) ini akan disertai dengan volume yang meningkat, dan juga ke arah tren sebelumnya. Praktisi Elliott Wave juga melihat symmetric triangle sebagai bagian dari koreksi yang menyela tren yang lebih besar (utama), meskipun symmetric triangle juga bisa menjadi bagian dari koreksi kompleks.

Sinyal Entri

Dalam membaca grafik dengan pola kontinyu symmetric triangle, sinyal entri yang kuat diberikan saat harga menembus segitiga ke arah tren yang ada sebelumnya antara 50-75% di dalam segitiga. Dengan kata lain, jika tren yang mendahului symmetric triangle adalah tren naik, harga harus melesat ke atas, dan begitu sebaliknya untuk tren turun. Jika harga turun ke arah yang berlawanan, maka sinyal masuknya dianggap kurang valid. Namun, gerak breakout yang terjadi antara 50-75% di dalam pola symmetric triangle seringkali lebih dapat diandalkan. Sementara breakout di awal atau akhir lebih rentan terhadap kegagalan. Jadi, jika harga breakout sebelum 50% atau setelah 75% dari area segitiga, maka tidak dianggap sebagai sinyal masuk yang valid karena gerak break out ini memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk gagal.

Proyeksi harga

Proyeksi harga pola symmetric triangle dapat dihitung dengan mengambil bagian terluas dari segitiga dan menambahkannya ke atau menguranginya dari, level breakout, tergantung pada arah tren yang ada. Sebagai alternatif, garis tren dapat ditarik sejajar dengan garis tren yang sesuai ke arah breakout, dengan perpanjangan menjadi harga target untuk pergerakan harga selanjutnya.

Sumber Gambar: aboutcurrency.com

{loadposition socialshare}

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *