Pertumbuhan China yang Terpangkas Bisa Berdampak Signifikan Pada Perekonomian Global

Pemerintah China harus bersiap untuk konflik jangka panjang,” jelas Chen Yuan, mantan deputi bank sentral China. Sementara itu, mantan Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan mengimbau untuk dilakukannya upaya memperbaiki peran yuan dalam perekonomian global sehingga dapat menghadapi tantangan dalam sistem finansial yang didominasi oleh dollar.

Tantangan tersebut tidak hanya datang dari dollar. Badan Moneter Internasional mengatakan dalam laporan tahunannya mengenai perekonomian China, jika AS kembali meningkatkan ancaman pajak impornya dari 10% menjadi 25%, pertumbuhan China akan terpangkas sebesar 0,8%, dan bisa berdampak signifikan terhadap perekonomian global.  

Dalam skenario itu, China kemungkinan harus melakukan kebijakan yang agresif, meski harus menghadapi risiko peningkatan  utang domestik dan menggelembungnya harga aset. Mengutip data yang dirilis Institute of International Finance pada bulan lalu, upaya untuk mendongkrak pertumbuhan sudah mendongkrak utang perusahaan, rumah tangga dan pemerintah melampaui 300% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *