Corona dan Ekonomi

Perhatian dan Fokus Para Pelaku Pasar Tertuju ke Perkembangan Vaksin Corona

Forexsignal88.Com – Kontraksi ekonomi yang tercatat di AS dan Uni Eropa telah berbalik arah pada bulan Juni, sebagaimana yang telah dirilis pada minggu lalu.

Perekonomian memang belum balik ke level seperti sebelum pandemi dimulai, namun sudah berada pada jalur yang benar, dan lebih cepat tingkat pertumbuhannya daripada yang diperkirakan. 

Namun pasangan matauang EURUSD tetap belum menarik perhatian, karena satu dan lain hal. Wall Street menikmati kuartal yang terbaik selama berdekade, dengan indeks saham utama mencapai ketinggian sepanjang waktu.

Namun diikuti juga dengan kenaikan kasus baru Covid-19, sehingga menutupi tanda-tanda dari perbaikan ekonomi dengan ketakutan akan ditutupnya kembali aktifitas ekonomi pada minggu ini.

Jumlah kasus coronavirus di AS diatas 50.000 per hari dan beberapa negara bagian telah menunda membuka kembali ekonominya atau mengumumkan lockdown yang baru. 

Sementara itu Uni Eropa tidak berhasil mendapatkan kesepakatan mengenai dana pemulihannya, sementara Federal Reserve AS terus menjamin akan memberikan stimulus ekonomi, yang menjadi alasan utama naiknya keuntungan saham sekalipun ditengah sentimen yang buruk.