Pemerintah Jepang Mati-matian Berupaya Selamatkan Kegiatan Perekonomian

ForexSignal88.com l Jakarta, 27/05/2020 – Pada pekan kemarin BoJ umumkan hasil rapat kebijakan moneter darurat, hasilnya program yang mendukung usaha kecil diluncurkan agar mampu bertahan dari kemerosotan ekonomi akibat pandemi penyakit virus corona (Covid-19).  

Dalam program tersebut, bank komersial akan menyalurkan kredit ke usaha kecil tanpa bunga selama 1 tahun. Sebagai gantinya, BoJ akan memberikan bunga ke bank komersial akan mendapat bunga sebesar 0,1% dari kredit yang disalurkan, sebagaimana dilansir Nikkei Asia Review.  

Hanya program tersebut yang diluncurkan oleh BoJ di bawah pimpinan Gubernur Haruhiko Kuroda. Selebihnya, kebijakan masih dipertahankan, suku bunga acuan masih -0,1%, sementara program pembelian aset (quantitative easing/QE) masih senilai 80 triliun yen per tahun.  

Perekonomian Jepang memang sedang mengalami kemerosotan. Data dari Pemerintah Jepang menunjukkan di kuartal I-2020 PDB Jepang mengalami kontraksi alias minus 0,9% quarter-on-quarter (QoQ), sementara secara year-on-year (YoY) minus 3,4%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *