New Zealand: Data Trade Balance Memang Dirilis Bagus, Namun Masih Dihantui Wabah COVID19

ForexSignal88.com l Jakarta, 26/03/2020 – Departemen Statistik New Zealand merilis data Trade Balance atau necara perdagangan untuk bulan Februari 2020 dengan hasil surplus $594 juta. Angka ini lebih baik dari forecast ekonom yang memperkirakan surplus $550 juta, dan lebih baik dari hasil bulan sebelumnya yang defisit $414 juta.  

Surplus neraca perdagangan New Zealand sebagian besar didukung oleh meningkatnya pengiriman produk susu ke China sebesar 28 persen ($191 juta) dalam basis tahunan. Di sisi lain, terjadi kemerosotan pada ekspor produk kehutanan sebesar 27 persen ($124 juta) dan produk perikanan sebesar 27 persen ($42 juta).

Jika direkap secara keseluruhan, total ekspor produk Selandia Baru bulan Februari naik 4.5 persen ($212 juta) menjadi $4.9 miliar.

“Total ekspor barang bulan ini naik dibandingkan bulan yang sama tahun 2019, dipimpin oleh ekspor susu, khususnya susu bubuk,” kata Darren Allan, manajer Statistik New Zealand. Allan menambahkan, “Meski sedang menghadapi Covid-19, ekspor susu ke China tetap tinggi, tetapi ekspor kayu gelondongan, daging, dan ikan lebih rendah… Yang cukup mengejutkan adalah, untuk pertama kalinya sejak awal 2019, ekspor daging sapi ke AS lebih tinggi daripada ke China.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *