MIRIS! Trend Suku Bunga Negatif Sebabkan ‘BANYAK’ Bank Besar Dunia Lakukan PHK Besar-besaran

ForexSignal88.com l Jakarta, 27/09/2019 – Di Agustus ini misalnya, dalam hitungan hari, ada dua bank besar yang mengumumkan bakal memangkas kayawannya, yakni Commerzbank di Jerman dan bank terbesar di Jepang Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. Commerzbank bakal memangkas 4300 karyawan. Restrukturisasi akan dilakukan selama tiga tahun.  

Sedangkan MUFJ Group, yang berafiliasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk di Indonesia, akan memangkas bisnis sekuritasnya. Meski belum diketahui persis jumlahnya, salah satu sumber internal mengatakan setidaknya 50% karyawan sekuritas akan di PHK. Rendahnya suku bunga menjadi penyebab.

Baik Jerman maupun Jepang kini berada di rezim suku bunga negatif.  Suku bunga deposito (deposit facility) di eropa adalah -0,5%, sementara main refinancing facility dan suku bunga pinjaman (lending facility) sebesar 0,25%.

Sementara suku bunga di Jepang kini adalah -0,1%. Yield obligasi 10 tahun diarahkan ke kisaran 0%, dari saat ini -0,225%. Mengutip apa yang ditulis Bloomberg, bank-bank ini sulit memacu pertumbuhan laba dengan suku bunga yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *