Merosotnya Perdagangan Global Menekan Aktivitas Manufaktur Kawasan Asia

ForexSignal88.com l Jakarta, 02/06/2020 – Pabrik-pabrik di kawasan Asia semakin terpuruk di bulan Mei 2020 di tengah merosotnya perdagangan global akibat pandemi corona (Covid-19). Tingkat ekspor Jepang dan Korea Selatan tercatat anjlok paling tajam ke level terendah alam satu dekade terakhir.

Serangkaian survei manufaktur yang dirilis Senin (1/6) menunjukkan, rebound yang terjadi pada bisnis akan terhenti meskipun aktivitas pabrik di China secara tak terduga kembali mencatatkan pertumbuhan pada bulan Mei lalu.

Indeks Manajer Pembelian Manufaktur China (PMI) mencapai 50,7 pada Mei 2020. Ini merupakan angka tertinggi sejak Januari karena pelonggaran lockdown memungkinkan perusahaan untuk kembali beroperasi dan membereskaan pesanan yang belum diselesaikan.

Namun, survei bisnis swasta menunjukkan bahwa pesanan ekspor baru negeri Panda tersebut tetap dalam kontraksi karena perdagangan sebagian besar mitra dagang China masih terbatas. Survei PMI resmi China yaang dirilis pada Minggu (31/5) menunjukkan pemulihan di China utuh tetapi rapuh.

Sementara aktivitas pabrik Jepang pada Mei 2020 menyusut pada laju tercepat sejak Maret 2009, menurut survei sektor swasta. Manufaktur Korea Selatan juga merosot pada laju paling tajam dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *