Mau Tahu Negara-negara Mana yang Akan ‘DIUNTUNGKAN’ Kalau Perang Dagang Terus Berlanjut ?! BERIKUT PENJELASANnya !!

ForexSignal88.com l Jakarta, 11/02/2019 – Perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina telah mendistorsi bisnis global. Tapi, perang dagang ini justru berpotensi memberi keuntungan bagi sejumlah negara.

Seperti dilaporkan CNN, sebuah studi yang dilakukan badan PBB terkait perdagangan, investasi dan pembangunan, UNCTAD, perusahaan-perusahaan di Eropa, Meksiko, Jepang dan Kanada justru dapat meningkatkan transaksi ekspor senilai puluhan miliar dolar jika konflik ekonomi kedua negara terus berlarut-larut.

“Efek dari pengenaan tarif antara Amerika Serikat dan China akan menimbulkan distorsi. Lalu perdagangan bilateral kedua negara akan menurun dan digantikan oleh pasokan dari negara lain,” kata Pamela Coke-Hamilton, Kepala Divisi perdagangan Internasional UNCTAD.

Studi ini memperingatkan bahwa pengenaan tarif tidak banyak membantu perusahaan domestik di Amerika Serikat maupun China. Bahkan jika mereka pada akhirnya menguntungkan eksportir di negara lain, aksi ini juga berisiko memicu serangkaian efek negatif di seluruh dunia.

Pemerintah AS dan China masih berdialog untuk mencapai kesepakatan sebelum 2 Maret nanti. Jika kedua negara ekonomi terbesar di dunia ini gagal mencapai kesepakatan sebelum batas waktu, Amerika Serikat telah mengancam untuk menaikkan tarif barang-barang dari China senilai US$ 200 miliar dari 10% menjadi 25%.

PBB memperkirakan, potensi hilangnya bisnis akibat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *