Mau Tahu Dampak Suku Bunga Negatif Bagi FED? Berikut Ulasannya!

Forexsignal88.Com – Suku bunga negatif telah berfungsi sebagai alat kebijakan yang efektif untuk negara-negara yang telah menerapkannya. Setidaknya dalam hal meringankan kondisi keuangan, menurut sebuah studi Federal Reserve. 
Dalam makalah penelitian baru-baru ini, ekonom Fed San Francisco Jens H.E. Christensen melihat hasil dari lima bank sentral asing yang menerapkan suku bunga nol mulai tahun 2012, ketika Bank Nasional Denmark pertama kali menjadi negatif. Dalam setiap kasus, langkah itu segera menurunkan suku bunga pemerintah dan membantu melonggarkan ekonomi itu. 
Seandainya AS melakukan hal yang sama, Christensen menulis, tingkat pertumbuhannya setelah krisis keuangan mungkin lebih baik. Federal Reserve AS menurunkan suku bunga acuan ke kisaran target nol hingga 0,25% pada satu titik, tetapi tidak pernah melewati ambang batas untuk menjadi negatif. 
“Bukti bahwa pemulihan ekonomi AS pasca-krisis terhambat oleh pilihan kebijakan ini menunjukkan bahwa tingkat kebijakan AS yang agak negatif dari 2009 hingga 2011 dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan akhirnya mendorong inflasi lebih dekat ke target Federal Reserve,” katanya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *