Mata Uang Jepang Hantam Lagi Jagoan Amerika

ForexSignal88.com l Jakarta, 10/05/2019 – Yen Jepang melonjak ke level tertinggi tiga bulan terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari Kamis, sementara franc Swiss berada di level tertinggi tiga minggu karena para investor terus mencari mata uang safe haven saat semakin khawatir terhadap peningkatan tensi konflik perdagangan AS-China.

Berita utama yang mendominasi minggu ini adalah tentang perdagangan dan para pedagang sedang bergerak menuju tempat yang aman dan mereka memarkirkannya di sana.

Dinamika pasar mata uang pada minggu ini, yang sebagian besar didorong oleh sebagai tanggapan pasar terhadap perkembangan perdagangan terbaru, telah cukup teredam tetapi lompatan di hari Kamis yang ditunjukkan yen dan franc Swiss – yang cenderung meningkatkan minat beli di saat terjadi konflik atau perselisihan global – menjadi indikasi bahwa para investor mulai goyah.

Yen ditutup menguat 0,31% pada akhir sesi Kamis, setelah mengurangi penguatannya terhadap dolar AS hingga mencapai ¥109,45.

Dolar AS berakhir melemah 0,51% terhadap franc Swiss di 1,0149 franc dan sempat melemah ke 1,0121 franc, terlemah sejak 18 April. Beberapa investor memperkirakan kedua safe havens itu dapat menguat lebih lanjut.

“Pasar valuta asing masih perlu mengejar ketinggalan. Kami tentu belum melihat pergerakan volatile yang kami harapkan dalam skenario seperti ini,” kata Dean Popplewell, kepala strategi mata uang di Oanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *