Mantab! Terjadi ‘PENINGKATAN’ di Serapan Belanja Modal Perusahaan Kuartal III 2019 di Negeri Sakura

Hal itu dinilai bisa memperlambat belanja modal di kuartal IV. “Itu akan mengarah pada kemunduran, yang akan memberikan tekanan pada pengeluaran modal pada Oktober-Desember,” kata Hiroshi Miyazaki, ekonom senior di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities dikutip Reuters, Senin (2/12).

Dampak negatif lainnya, ada risiko perselisihan tarif AS-Cina sehingga akan memengaruhi pengeluaran manufaktur. Miyazaaki bilang, ada kemungkinan pengeluaran bisnis akan menjadi negatif pada kuartal keempat dan menarik pertumbuhan ekonomi ke wilayah negatif.

Pemerintah Jepang resmi menaikkan pajak penjualan setelah sempat menunda sebanyak dua kali. Kenaikan pajak penjualan berlaku dari sebelumnya 8% menjadi 10% pada 1 Oktober 2019 lalu. Langkah ini ditempuh untuk memperbaiki keuangan Negeri Sakura.

Jepang terakhir kali mengerek pajak penjualan pada 2014 lalu, yaitu dari sebelumnya 5 persen menjadi 8%. Kenaikan pajak penjualan kala itu sempat melemahkan daya beli masyarakat secara drastis. Untuk meringankan beban konsumen akibat kenaikan pajak penjualan itu, pemerintah menyiapkan dana 2 triliun yen untuk meluncurkan voucher belanja dan diskon untuk pembayaran tanpa uang tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *