LIBOR – Suku Bunga Acuan Dunia

ForexSignal88.com – LIBOR atau ICE LIBOR (sebelumnya BBA LIBOR) adalah suku bunga acuan, dimana beberapa bank terkemuka di dunia saling menagih untuk pinjaman jangka pendek. Ini singkatan dari InterContinental Exchange London Interbank Offered Rate dan berfungsi sebagai langkah awal untuk menghitung suku bunga berbagai pinjaman di seluruh dunia. LIBOR dikelola oleh ICE Benchmark Administration (IBA), dan didasarkan pada lima mata uang: Dolar AS (USD), Euro (EUR), pound sterling (GBP), yen Jepang (JPY), dan Swiss franc (CHF).

LIBOR melayani tujuh jangka waktu yang berbeda: semalam (overnight), satu minggu, dan 1, 2, 3, 6 dan 12 bulan. Ada total 35 tingkat LIBOR yang berbeda setiap hari kerja. Tingkat yang paling sering dikutip adalah tingkat dolar AS tiga bulan (biasanya disebut sebagai “tingkat LIBOR saat ini”).

LIBOR (atau ICE LIBOR) menjadi patokan suku bunga jangka pendek yang paling banyak digunakan di dunia. Berfungsi sebagai indikator utama untuk tingkat rata-rata, di mana bank yang memberikan kontribusi dapat memperoleh pinjaman jangka pendek di pasar antar bank London. Saat ini terdapat 11 sampai 18 kontributor bank untuk lima mata uang utama (US $, EUR, GBP, JPY, CHF). LIBOR menetapkan tarif untuk tujuh masa jatuh tempo yang berbeda. Sebanyak 35 tarif yang diposting setiap hari kerja (jumlah mata uang kali jumlah jatuh tempo yang berbeda).

Fungsi utama LIBOR atau ICE LIBOR adalah untuk dijadikan acuan untuk instrumen hutang, termasuk obligasi pemerintah dan korporasi, hipotek, pinjaman mahasiswa, kartu kredit; serta derivatif, seperti swap mata uang dan bunga, di antara banyak produk keuangan lainnya.

Misalnya, ambil Nominal Floating Rate Rate Swiss (atau floater) yang berbarengan dengan kupon LIBOR ditambah margin 35 basis poin (0,35%) per tahun. Dalam hal ini, tingkat LIBOR yang digunakan adalah LIBOR satu tahun ditambah spread 35 basis poin. Setiap tahun, tingkat kupon di-reset agar sesuai dengan LIBOR Swiss franc Swiss saat ini, ditambah spread yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika, misalnya, LIBOR satu tahun adalah 4% di awal tahun, obligasi tersebut akan membayar 4,35% dari nilai nominalnya pada akhir tahun. Penyebaran ini biasanya meningkat atau menurun tergantung kelayakan kredit institusi yang mengeluarkan hutang.

Sifat menonjol lainnya dari LIBOR atau ICE LIBOR adalah membantu mengevaluasi keadaan sistem perbankan dunia saat ini, dan juga menetapkan harapan untuk suku bunga bank sentral di masa depan.

ICE LIBOR sebelumnya dikenal sebagai BBA LIBOR sampai 1 Februari 2014 – tanggal dimana ICE Benchmark Administration (IBA) mengambil alih Administrasi LIBOR.

Sumber Gambar: shareverything.com

{loadposition socialshare}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *